Jenis Kaca Pada Umumnya Yang Perlu Anda Ketahui..!

jenis kaca

Kaca merupakan jenis material yang paling umum digunakan pada hunian rumah. Aplikasi penggunaan material kaca pada hunian bisa bermacam-macam, di antaranya sebagai material pembuat furniture seperti pada lemari kabinet ataupun dekorasi jendela & pintu rumah.

Betapa Pentingnya kaca sebagai elemen pada hunian membuat kita harus mengetahui jenis-jenis kaca apa saja yang umum digunakan pada hunian? mari kita simak penjelasan lengkap mengenai 6 jenis kaca berikut ini…

Kaca Cermin (Mirror Glass)

kaca cermin

Kaca Cermin atau di sebut juga mirror glass atau banyak orang juga menyebutnya one way glass cuman yang jenis ini sedikit berbeda ada banyak pilihan warnanya mulai hijau, silver, biru, coklat & warna emas. Jenis kaca ini mempunyai reflektor pada satu sisi namun di sisi lainnya nampak tembus pandang. Jenis kaca cermin ini bisa kamu aplikasikan pada area-area depan hunian seperti ruang tamu atau pada jendela agar kegiatan di dalam hunian tidak begitu terlihat dari di luar.

Kaca Bening (Clear Glass)

kaca bening polos

Namun kaca bening tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai eksterior dan bangunan bertingkat ya, karena kemampuan menahan panas terhadap sinar mataharinya rendah. Ketebalan yang dimiliki kaca bening ini bermacam-macam, mulai dari 3mm, 5mm, 6mm, 8mm, & 12mm. Kamu bisa menyesuaikan ketebalan kaca dengan luas jendela di hunianmu.

Kaca Es (Frosted Glass)

kaca es

Disebut kaca es karena satu bagian dari kaca buram ini bertekstur dan memiliki efek dekoratif. Tekstur kaca ini didapatkan dari proses pencetakan adonan kaca menggunakan roll yang memiliki pola khusus. Kaca es cocok untuk interior hunian karena jenis kaca ini dapat menerangi ruangan hunian kamu dengan sinar matahari yang lembut.

Tekstur kaca agak kasar pada satu sisi tujuannya untuk memecah sinar matahari sehingga tidak akan terlalu silau pada siang hari. Selain pada interior hunian, kaca es juga banyak digunakan pada pintu shower untuk menjaga privasi kamu ketika mandi.

Kaca Berwarna (Tinted Glass)

kaca berwarna

Jenis kaca selanjutnya adalah kaca berwarna atau tinted glass atau kaca rayban. Kaca ini dilapisi dengan lembaran berwarna yang terbuat dari logam. Kaca berwarna ini tidak hanya berwarna hitam, tapi juga bisa berwarna biru gelap, biru kehijauan, coklat muda atau hijau gelap.

Kaca warna warni mampu menahan sinar matahari hingga 55% sehingga dapat mengurangi beban biaya penggunaan AC. Penggunaan kaca berwarna dapat menjaga privasi kamu dan penghuni hunian lainnya. Semakin tebal kacanya, akan semakin gelap suasana di dalam rumah dan variasi warna kacanya bervariasi.

Kaca Laminasi (Laminated Glass)

kaca laminated

Kaca laminasi merupakan jenis kaca yang paling aman, karena terdapat semacam lapisan yang melindungi sisi bagian kaca ini membuatnya sulit retak dan pecah. Lapisan polofinil transparan yang ada pada bagian bawah kaca membuatnya sulit pecah. Bahkan ketika kaca retak atau pecah pun, kaca ini akan tetap menempel pada rangka.

Jenis kaca ini juga sulit ditembus, karenanya, kaca laminasi banyak digunakan pada hunian sebagai material flooring balkon, skylight, bovenlight ataupun pada area anak tangga.

Kaca Patri (Stained Glass)

jenis Kaca Patri warna

Jenis kaca yang terakhir adalah kaca patri atau stained glass. Kaca jenis ini sudah ada sekitar 1000 tahun lalu, material kaca ini dihasilkan dari proses penambahan zat garam metalik pada adonan kaca sehingga tercipta kaca dalam bentuk warna-warna berbeda.

Penggunaan kaca patri pada hunian juga bermanfaat sebagai pelindung dari paparan sinar matahari, karena warna-warna pada kaca patri dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam hunian. Selain pada hunian, kaca patri juga banyak digunakan pada bagian interior bangunan-bangunan kuno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *